titel.

WIZZEND CErEATION (BAYU WISNAWA) STIKOM BALI ALWAYS THE FIRTS

Wizzend Creation

Nama lengkap: I Putu Gede Bayu Wisnawa (Wizzend) Alamat : Jl.Seroja no 40 Denpasar,Tonja,Br SENGGUAN. Hobi : Futsal dengan teman-teman!! (HARAT F.C) HP : 081916548404 JANGAN LUPA ADD MY FACEBOOK (www.wizzend@yahoo.com)

Minggu, 22 Mei 2011

organisiai komputer


TUGAS
Organisasi dan Asitektur komputer I



NAMA KELOMPOK:
>I Putu Gede Bayu Wisnawa (100010413)
>I Gusti Agung Arya Wangsa (100010643)
> Dewa gede mertha aditya putra (100010397)
> I Gede Yuda Antara Kresna Putra (100010429)



                                                                                DAFTAR ISI

Judul ................................................................................................................+
Kata Pengantar ..................................................................................................+
Daftar Isi ...........................................................................................................+
Bab I Pendahuluan
1.1              Latar Belakang ................................................................................+
1.2              Rumusan Masalah ...........................................................................+
1.3              Tujuan Penulisan .............................................................................+
1.4              Manfaat Penulisan ...........................................................................+
1.5              Ruang Lingkup dan Batasan Masalah..................................................+
Bab II Isi
            2.1       Memory internal............................................................................+
            2.2      Memory eksternal..........................................................................+
Bab III Penutup
            3.1       Simpulan……………………………………...…..…….……..................................+
            3.2       Saran……………….……………………………………………..................................+
Daftar Pustaka



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dunia Globalisasi mengalami perubahan dalam segala aspek, dan hal ini secara tidak langsung dapat menimbulkan pengaruh terhadap manusia kepada. Komputer seringkali dianggap sebagai alat yang digunakan untuk melakukan semua hal, namun tidaklah sepenuhnya demikian, komputer bukanlah Tuhan. Menurut saya,komputer itu alat yang digunakan untuk mempelajari sebuah ilmu .karena itu saya ingin tahu komponen2 di dalam pc,. Untuk mengetahui lebih inti dari isi di atas, maka penulis akan membahas lebih lanjut dalam pembahasan penulis yang berjudul “isi dalam pc”.

1.2  Rumusan Permasalahan
Sehubungan dengan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dibahas dalam tugas ini adalah:
  • Apa itu memory internal dan eksternal?
  • Apa aj jenis2nya?
  • fungsinya?
  • keungulanya?
  • Cara kerjanya?
  • penciptanya?

       1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dari tugas yang penulis buat yaitu:
  • Mengetahui apa saja yang termasuk memory inernal dan exsternal.
  • Mengerti akan jenisnya.
  • Mengerti cara menganalisa.

1.4  Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan tugas ini, yaitu :
  • Kita dapat mengetahuikegunaanya.
  • Kita dapat mengetahui cara menganalisa.
  • Kita dapat mengetahui cara permasalahanya.


1.5  Ruang Lingkup Permasalahan
Metode yang digunakan dalam pembuatan tugas ini yaitu metode pustaka dan network(internet).













BAB II
ISI

2.1 MEMORY INTERNAL
rom.jpg>RAM DAN ROM







Setelah cukup banyak membicarakan tentang media penyimpanan data atau storage, saatnya untuk membicarakan tentang memory.Memory komputer terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal atau sering disebut storage memory. Memory internal sendiri terbagi menjadi dua, yaitu :
■RAM (Random Acess Memory) √Sering disebut dengan memory
√Tergantung pada aliran listrik
■ROM (Read Only Memory) √Hanya untuk di pilih (tidak di isi) √Build in dari vendor Motherboard
RAM bisa diibaratkan sebuah tulisan yang sudah tercetak, dimana pemakai hanya bisa melakukan pembacaan data yang ada didalamnya tanpa bisa melakukan perubahan apapun pada tulisan yang ada. ROM biasanya berisi instruksi/program khusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal. RAM berfungsi untuk menyimpan program dan data dari pemakai komputer dalam bentuk pulsa-pulsa listrik, sehingga seandainya listrik yang ada dimatikan, maka program dan data yang tersimpan akan hilang. ROM menyimpan program yang berasal dari pabrik dalam bentuk komponen padat, sehingga tidak akan mengalami gangguan seandainya aliran listrik terputus. Isi RAM bisa dihapus oleh pemakai komputer, isi ROM tidak.Secara pisik, RAM berbentuk seperti sebuah chip yang sangat kecil, dan saat ini mampu menyimpan data antara 8 MB hingga 32 GB. Apabila pemakai komputer ingin menambah kapasitas memory yang dimilikinya, pemakai tinggal menambahkan chip RAM pada tempat yang telah disediakan (chip-set).
Jika sebuah PC dinyalakan, program yang ada didalam ROM segera mencari lokasi yang digunakan untuk menyimpan operating system apakah terdapat pada disket ataupun harddisk.Jika diketemukan, maka OS ini segera dipindahkan kedalam RAM.Tahap ini dikenal sebagai boot-up. Untuk selanjutnya, program-program aplikasi seperti misalnya: Windows dan lainnya juga dipindahkan kedalam RAM, dan kini komputer siap digunakan olehpemakai.
Dengan demikian, semakin besar program-program yang digunakan, semakin besar pula tempat yang harus disediakan oleh RAM. Pada gambar terlihat bagaimana Windows dan sebuah paket program Office 2000 ditempatkan dalam sebuah RAM.
Secara prinsip, pengertian RAM terbagi menjadi: Input Area, tempat untuk menampung data-data input yang akan diolah. Program Area, tempat untuk menampung program yang akan dipergunakan untuk memproses data. Working Area, tempat untuk menampung kegiatan pengolahan data yang akan dikerjakan. Output Area, tempat untuk menampung hasil pengolahan data.
ROM biasanya berisi: Program BIOS (Basic Input Output System), program ini berfungsi untuk mengendalikan perpindahan data antara microprocessor kekomponen lain yang meliputi keyboard, monitor, printer dan lainnya. Program BIOS juga mempunyai fungsi untuk self-diagnostik, atau memeriksa kondisi yang ada didalam dirinya.Program Linkage/Bootstrap, bertugas untuk memindahkan operating system yang tersimpan didalam disket untuk kemudian ditempatkan didalam RAM. Misalnya, dengan memberi instruksi “SIMPAN” pada sebuah file MS-Word, maka sinyal ini segera dikirm ke-operating sistem. OS segera memeriksa apakah file yang ada benar-benar dapat disimpan, misalnya: nama file sudah benar, disket yang digunakan tidak dalam posisi “read-only” dan sebagainya. Jika semua sudah benar, maka OS segera menggerakkan peralatan yang ada untuk menyimpan file yang bersangkutan dibawah pengawasan BIOS.






-RAM
RAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal (Internal Memory) bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory). Berikut beberapa contoh gambar dari memoriRAM :

http://purwanto85.files.wordpress.com/2008/07/ram1.jpg?w=281&h=267
RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.
Fungsi RAM adalah sebagai pengingat, dan juga sebagai berikut :
  1. Menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
  2. Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
  3. Menampung program atau intruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.
Tipe-tipe Memory RAM
  • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) – Type RAM yg dibuat pada tahun 1996. SDRAM merupakan RAM yg sangat legendaris, dan mampu bertahan lama dalam perkembangan system komputer. Sesuai dengan namanya SDRAM mempunyai term Synchronous Dynamic, yaitu kemampuan RAM untuk menyamai clock dengan clock processor. Jika clock RAM dan processor sama, maka system komputer akan berjalan seimbang karena aliran data diantara keduanya berjalan lancar. Karakteristik teknis SDRAM memiliki 168-pin, 3.3V & FSB 100/133 MHz. Saat ini SDRAM sudah tidak dipakai lagi oleh platform komputer, terakhir digunakan pada Pentium 4 versi generasi pertama. Tipe-tipe SDRAM : SDRAM 32, 64, 128, 256, 512MB PC100/133.
  • DDR (Double Data Rate) – Type RAM yg merupakan pengembangan lanjut dari teknologi SDRAM. DDR dibuat pada tahun 2000. DDR pertamakali dibuat sebagai pesaing utama dari memory RDRAM yg dikembangkan Intel dan Rambus pada awal generasi Pentium 4, dan saat ini menjadi mainstream dari platform komputer. Karakteristik teknis DDR adalah 184-pin, 2.5V & FSB 266/333/400 MHz. Secara teori DDR mempunyai kemampuan pengolahan dua kali lipat dibandingkan SDRAM, karena mampu membawa 2 bit pada satu clock-nya -dibandingkan SDRAM yg hanya 1 bit. DDR masih digunakan pada berbagai platform yang ada, seperti Pentium 4 & Celeron D dan akan segera digantikan dengan teknologi DDR2. Tipe-tipe DDR : DDR 128, 256, 512, 1.024MB PC2100/2700/3200.
  • DDR2 (Double Data Rate Generation 2) – DDR2 merupakan generasi lanjutan dari DDR dengan perbaikan berbagai fitur, seperti penggunakan IC BGA (Ball Grid Array) yg tahan panas & memiliki densitas tinggi serta FSB yang lebih tinggi. Karakteristik teknis DDR2 adalah 240-pin, 1.8V & FSB 400/533/667/800 MHz. DDR2 memiliki kapasitas yang lebih besar dari DDR, dimana nantinya bisa mencapai 2GB / modul. Dan saat ini DDR2 akan menjadi standar untuk semua platform Intel 2006 dan seterusnya. Tipe-tipe DDR2 : DDR 256, 512, 1.024MB PC3200/4300/5300/6400.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) – Type RAM yg pertamakali dibuat tahun 1999. RDRAM merupakan RAM yg menggunakan teknologi baru yg dikembangkan oleh perusahaan bernama Rambus. RDRAM mempunyai kemampuan bandwidth yg menyamai kebutuhan bandwidth pada processor Intel Pentium 4. Teknologi Dual Channel pertamakali diperkenalkan oleh RDRAM. Berbeda dengan yg lain RDRAM mempunyai tipe pengolahan Serial, dibanding SDRAM & DDR yg mengolah secara Paralel. Karakteristik teknis dari RDRAM adalah 184-pin, 2.5V & FSB 800, 1.066 dengan aristektur 16-bit (2 byte). Saat ini semua tipe RDRAM tidak digunakan lagi pada komputer karena harganya yg terlalu mahal dan performance-nya sudah dapat disamai oleh DDR/DDR2. Tipe-tipe RDRAM : RDRAM 64, 128, 256, 512MB PC800/1.066 MHz.
Troubleshooting Memory
Memory (RAM) rusak, belum tentu PC tidak bisa beroperasi.Biasanya PC yang RAM nya rusak jalannya ga normal. Tanda-tanda RAM rusak yang paling sering :
  • komputer menyala, tetapi tidak mau booting (baik ada bunyi atau tidak dari speaker PC), solusinya coba pakai program untuk mendeteksi kerusakan ram, atau coba ganti dengan ram yang lain.
  • Blue Screen waktu nginstall sistem operasi. Kadang-kadang kesalahan baca file sistem operasi pada saat install.
  • “Crash” atau Blue Screen waktu jalanin program aplikasi.
  • komputer tiba-tiba restart sendiri.



Hal-hal yang dapat menyebabkan memory RAM rusak :
  • Kurang daya dari power supply
  • “Jam terbang” memory udah banyak
  • cacat produk
  • Human Error
+REGISTER MEMORY

Register adalah memori berukuran sangat kecil dengan kecepatan akses sangat tinggi.
Register digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara
itu data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran diproses akan disimpan dalam
main memory. Register di dalam CPU terdiri atas :
1.    Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang
diproses.
2.    Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat
lokasi main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama proses
berlangsung, isi PC diubah menjadi alamat main memory yang berisikan instruksi
berikutnya yang akan diproses. Hal ini memungkinkan untuk melacak jejak
instruksi selanjutnya di main memory.
3.    General purpose register, yaitu register yang mempunyai berbagai macam fungsi
yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Misal, jika digunakan untuk
menampung data yang sedang diolah disebut sebagai operand register, sedangkan
jika digunakan untuk menampung hasil olahan disebut sebagai accumulator.
4.    Memory Data Register (MDR), yaitu register yang digunakan untuk menampung data
atau instruksi yang dikirimkan dari main memory ke CPU, atau menampung data yang
akan disimpan ke main memory sebagai hasil olahan CPU.
5.    Memory Address Register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau
instruksi pada main memory yang akan diambil atau yang akan diletakkan.
http://1.bp.blogspot.com/_11WOromxyGc/TGTFfjkcCzI/AAAAAAAAAAM/yW9z1DuVk60/s320/register+memori.jpg

+CACHE MEMORY
http://3.bp.blogspot.com/_11WOromxyGc/TGzeX22VQYI/AAAAAAAAAAU/J5yPm3NZ3qY/s320/cache.gif

Cache Memory adalah tempat menympan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.Cache memori ini adalah memori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.

+MAIN MEMORY
http://1.bp.blogspot.com/_11WOromxyGc/TGzgBzXz-5I/AAAAAAAAAAc/lAjuLu0pvu4/s320/main.JPG

Memori utama merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan.Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Memori utama digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O.

+SEKUNDER MEMORY
http://1.bp.blogspot.com/_11WOromxyGc/TGziqAFS6OI/AAAAAAAAAAk/pCyxQTsuhQQ/s320/sekunder.jpg
Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program
secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk,
hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat
ini berbentuk disk/cakram/piringan.Operasi terhadap data, informasi, dan program
dilakukan dengan perputaran disk. Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per
Minute ). Semakin cepat perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini
mengakibatkan semakin besar tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang
dihasilkan. Jenis memory sekunder yang akan digunakan akan menentukan kecepatan
akses dan metode akses data.


2.1 MEMORY EKSTERNAL
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3a.gif
External memory ataupun external storage ataupun secondary storage ataupun backing storage adalah suatu tempat atau sarana yang bisa digunakan komputer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan demikian, external memory mempunyai fungsi yang hampir sama dengan internal memory. Hanya bedanya, internal memory terletak didalam CPU, external memory berada diluar CPU.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3b.jpg
Data-data yang tersimpan didalam external memory bersifat tetap, artinya data tersebut tidak akan hilang walaupun tidak ada listrik yang mengalirinya. Media yang digunakan biasanya merupakan media magnitic yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan guratan-guratan magentic yang dimilikinya. Jenis external memory cukup banyak.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3c.jpg
A.DISKET
Disket merupakan media penyimpanan yang sangat populer bagi personal komputer. Secara pisik, disket terbuat dari lempengan plastik yang berbentuk bundar dimana pada permukaannya dilapisi oleh magnit sebagai tempat untuk menyimpan guratan-guratan data. Untuk menjaga agar data ataupun program yang tersimpan didalam disket tetap terjaga kebersihannya, disket kemudian dibungkus oleh karton yang berbentuk segi empat.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3d.jpg
Untuk melakukan pembacaan ataupun penulisan, disket harus dimasukkan kedalam sebuah drive, drive ini kemudian disebut sebagai disket-drive. Pada setiap drive yang ada, telah berisi sebuah shaft dan sebuah drive motor yang berfungsi untuk memutar disket dengan kecepatan sekitar 360 hingga 500 rpm.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3e.jpg
Sebuah sinyal elektronik yang datang dari sistem kontrol, akan menyebabkan read/write head yang berfungsi untuk melakukan pembacaan/penulisan untuk terus bergerak diatas permukaan disket yang sedang berputar guna melakukan pembacaan/ penulisan.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3f.jpg
Bagian-bagian dari disket adalah :
a.       Stress relief cutouts, berfungsi untuk membuka/tutup pengait drive.
b.      Read/Write Windows, merupakan jendela yang digunakan untuk membaca dan menulis dari mekanisme drive.
c.       Hub ring, berfungsi sebagai pegangan untuk memutar disket.
d.      Index Hole, apabila lubang yag ada pada karton/cover menumpuk dengan lubang pada disket, menandakan posisi sector 0.
e.       Write, lubang ini apabila dalam posisi terbuka, maka disket bisa dibaca dan ditulis; Apabila tertutup maka disket hanya bisa dibaca saja.
f.       Label, digunakan untuk menulis nama pemilik disket ataupun nama program/data yang tersimpan didalamnya.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3g.jpg
Tempat yang ada didalam disket terbagi menjadi beberapa track, dan setiap track akan terbagi menjadi beberapa sector. Sector merupakan bagian terkecil dimana data disimpan. Dalam hal ini, setiap sector sanggup menampung hingga 256 charakter. Setiap sector selalu ditandai dengan sebuah address sector, sehingga read/write head dengan cepat dapat menemukan data yang dimaksud. Jumlah sector untuk setiap track tidak sama, tergantung jenis komputer yang digunakan.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3h.jpg
Disket yang masih baru harus di-format terlebih dahulu baru bisa digunakan. dari format ini, akan dihasilkan suatu nomor sector yang tersusun secara berurutan, sehingga read/write head bisa menemukan data yang tersimpan. Selain itu, pihak pemakai juga bisa memperkirakan data yang akan disimpan.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3i.jpg
Secara pisik, disket mempunyai ukuran: 8 inchi, 5.25 inchi dan 3.5 inchi, walaupun begitu, kapasitas disket tidak diukur secara pisik. Kapasitas disket bisa dilihat dari label yang tertulis, misalnya: DD (Double Density), untuk disket 5.25 inchi mempunyai kapasitas 360 KB, dan disket 3.50 inchi mempunyai kapasitas 720 . Disket dengan label HD (High Density) untuk ukuran 5.25 inchi kapasitasnya 1.2 MB, dan untuk dikset 3.50 inchi kapasitasnya 1.4 MB. Disamping itu, disket ukuran 3.50 inchi ada yang berlabel ED (Enchanced High Density), mempunyai kapasitas 2.8 MB, tetapi belum umum digunakan.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3j.gif
Pengertian density bisa diartikan sebagai kerapatan dalam menyimpan data, sehingga semakin tinggi density yang dimiliki oleh sebuah disket, maka daya tampung yang dimilikinya juga semakin tinggi.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3k.jpg
Karena data yang tersimpan dalam bentuk guratan-guratan magnetic, disket harus diperlakukan secara hati-hati. Disket harus terhindar dari panas, magnit, lengkungan, sentuhan langsung, kotoran ataupun penulisan label secara langsung dengan menggunakan alat-alat yang tajam/runcing.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3l.jpg
B. HARD DISK
Harddisk merupakan salah media penyimpan data yang cukup populer bagi mainframe ataupun PC. Harddisk merupakan media penyimpanan yang memiliki bentuk pisik yang berbeda jika dibanding dengan disket. Secara umum hard disk biasanya terpasang dan menyatu didalam CPU (fixed disk). Mekanisme yang menyebabkan data yang tersimpan bisa dibaca ataupun ditulis didalam hard disk, disebut sebagai disk drive.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3m.jpg
Didalam hard disk terdapat lempengan-lempengan logam bundar yang disusun berlapis-lapis serta terdapat motor penggerak lempengan logam dan read/write head-nya.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3n.jpg
Keunggulan dari hard disk adalah mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar serta memiliki kecepatan pada saat memanggil kembali data yang tersimpan. Harddisk dengan ukuran 3 Giga Byte pada saat ini sudah dianggap terlalu kecil, dan kini mulai beredar harddisk dengan ukuran yang jauh lebih besar.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3o.jpg
Didalam pemakaian nya didalam PC, hard disk memerlukan card tambahan yang terdapat didalam komputer dan berfungsi sebagai pengontrol kerja dari hard disk tersebut.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3p.jpg
Didalam disk-drive, terdapat suatu alat pemutar yang mampu berputar hingga 3500 rpm atau lebih. Read/Write Head yang ada akan ditumpu dengan suatu lengan yang selalu bergerak untuk menjelajah keseluruh permukaan hard-disk guna mendeteksi ataupun melakukan penulisan/ pembacaan data. Kombinasi antara perputaran hard-disk dan pergerakan lengan inilah yang mampu menentukan posisi setiap track yang ada didalam hard-disk.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3q.jpg
Jenis hard disk ada yang menggunakan piringan tunggal, tetapi ada pula yang menggunakan beberapa disk yang dikemas dalam satu bentuk (disk-pack). Disk-pack ini juga mempunyai jenis yang fixed (tetap) dan removable (bisa dipindah). Read/Write head yang dimiliki oleh disk-pack lebih dari satu, yaitu sesuai dengan jumlah piringan yang dimilikinya. Lapis paling atas dan bawah, biasanya hanya digunakan sebagai cover pelindung dan tdk digunakan untuk menulis data.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3r.jpg
Program-program komputer pada PC yang tengah populer pada saat ini, seperti misalnya Microsoft Windows, Office, Netscape Communicator dan lainnya lagi, membutuhkan adanya fasilitas hard-disk dengan kapasitas yang cukup besar guna menampung dan menjalankan program-program yang ada.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3s.jpg
Western Digital Protege saat ini memproduksi hard disk dengan kecepatan putar 5400 rpm. Rancangan terbaru dari WD ini membuat pisik hard disk terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara menyembunyikan elemen-elemen elektronika pada bagian bawah hard disk. Kapasitas yang dimiliki adalah 20 GB, dengan kecepatan transfer sebesar 90 MB/second.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3t.jpg
Hard disk harus diperlakukan secara hati-hati, sebab sangat sensitive terhadap abu, asap ataupun sidik jari yang kadang bisa melekat dipermukaannya, dimana semua itu bisa merusakkan data yang tersimpan didalamnya.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3u.jpg
C. COMPACT DISK
CD-ROM secara pisik mempunyai bentuk seperti halnya CD audio dan merupakan suatu hasil pengembangan teknologi baru pada tahun 1983, serta bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data dengan kapasitas tinggi. CD ROM secara umum dapat menyimpan data hingga 600 MB, tetapi kini banyak dipasarkan hingga ukuran gigabite. Harga CD ROM relative murah apabila dibanding dengan disket ataupun hard disk.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3v.gif
Dengan kapasitas yang begitu besar, maka daya tampung sebuah CD-ROM pada saat ini, bisa disamakan dengan sekitar 430 disket yang berukuran 1.4 MB. Walapun demikian, harga sebuah CD-ROM saat ini, hampir sama dengan harga disket biasa.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3w.jpg
Untuk menggunakan CD ROM didalam komputer, diperlukan adanya card tambahan, CD ROM Drive, memory diatas 4 MB, serta beberapa persyaratan lainnya dari hardware maupun software komputer.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3x.jpg
Untuk melakukan penyimpanan data, CD ROM menggunakan panas sinar laser yang akan membakar metalic film melalui sebuah lubang khusus. Lubang inilah yang menyajikan data dalam bentuk binary. Dikarenakan hal tersebut, data yang sudah tertulis diatas CD ROM belum bisa untuk diperbaiki/diganti baru.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3y.jpg
Dengan demikian, pada awalnya para pengguna hanya bisa membaca untuk kemudian dipindahkan kedalam hard-disk. Ini sesuai dengan namanya, yaitu Compact Disk Read Only Memory. Program-program komputer yang ada pada saat ini, banyak disimpan didalam CD ROM.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3z.jpg
Kini banyak beredar CD dengan kemampuan Read and Write, dalam arti kata bisa digunakan untuk menulis dan membaca secara berulang-ulang seperti halnya sebuah disket. Sony CRX75A merupakan salah satu CD yang mempunyai kemampuan tersebut. CRX75A mempunyai kemampuan membaca 8x lebih cepat jika disbanding CD biasa dan 4x lebih cepat untuk kemampuan menulis.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3aa.jpg
Jenis lain adalah TDK Veldoc 16/9/40. TDK memang merupakan produsen yang baru muncul dalam beberapa tahun ini. Namun tidak berarti teknologi yang ditawarkan merupakan pemula, hal ini bisa dilihat pada produknya yang mempunyai banyak kemampuan, CD-R mempunyai kecepatan membaca 16x, sedang CD-RW mempunyai kecepatan menulis 9x dan membaca 40x

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ab.jpg
Hewlett Packard yang merupakan salah satu produsen CDRW tertua didunia, kini memproduksi HP Surestore. Salah satu produk terbarunya adalah Surestore 990 dengan kecepatan pembacaan 8x dan 4x tulis. Walaupun nampak lambat, CDRW dari HP ini juga dilengkapi dengan labeling kit dan software perekam.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ac.jpg
Jenis lain dari CD ROM adalah optical disk yang secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya laser disk Karena harganya relatip mahal, optical disk ini menjadi tidak popular bagi para pengguna komputer.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ad.jpg
D. MAGNETIC TAPE
Magnetic tape merupakan media penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk komputer jenis mini ataupun mainframe. Terdapat dua jenis magnetic tape yang biasanya digunakan oleh komputer. Jenis pertama mempunyai bentuk standart yang memiliki lebar pita 1/2 " (12.7 mm). Magnetic tape terbuat dari plastik tipis yang dilapisi magnetic pada permukaannya.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ae.jpg
Bentuk kedua adalah kaset ataupun catridge seperti halnya yang telah kita kenal pada kaset yang terdapat di audio tape recorder. Data yang ada disini juga disimpan dalam bentuk kode-kode tertentu seperti halnya yang terdapat dalam pita magnetic ukuran standart. Kaset ataupun catridge banyak digunakan pada komputer jenis home-komputer.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3af.jpg
Untuk bisa bekerja, pita magnetic ini harus diletakkan didalam tape drive yang kira-kira bisa disamakan dengan proyektor. Tape akan bergerak terus selama proses penulisan ataupun pembacaan berlangsung dengan melewati read/write head.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ag.jpg
Data yang ada akan direkam dalam guratan mangentic. Sekali data tersebut terekam, maka data akan tetap tinggal sampai data tersebut terhapus atau diganti dengan data baru. Secara umum, tape akan menyimpan. Data yang terdapat pada magnetic tape, akan terbagi secara horizontal yang disebut channel atau tracks, dan secara vertical didalam bentuk kolom ataupun frames. Secara umum, tape mempunyai 9-tracks dan data akan dikode-kan dalam ASCII ataupun EBCDIC .

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ah.jpg
Disamping 9-tracks data, magnetic tape juga ada yang merekam datanya dalam bentuk 7-tracks, dimana track paling atas digunakan sebagai pairity chek, yang berguna bagi komputer untuk melihat apakah tejadi kesalahan dalam hal penyimpanan, perpindahan ataupun saat peng-copy-an data pada setiap characternya.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ai.jpg
Pada saat drive dari magnetic tape berputar, maka data-data yang ada akan dibaca satu demi satu. Dalam hal ini, tape membutuhkan adanya suatu tanda untuk mulai dan berhenti pada suatu record data. Pada saat berhenti, dan ketika akan melakukan pembacaan lagi, ada beberapa bagian dari tape yang tidak terbaca, dan bagian ini disebut: inter-record gap yang terjadi diantara setiap block data. Inter-record gap secara otomatis akan terbentuk oleh system komputer setelah selesai merekam karakter yang terakhir.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3aj.jpg
Ukuran record dalam hal in ditentukan oleh jumlah data yang tersimpan. Beberapa record yang tergabung dalam satu kesatuan disebut sebagai logical record. Beberapa logical record akan tersimpan dalam sebuah phisical record.

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/images/new/2-3ak.jpg
Walaupun media magnetic tape memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibanding dengan media lainnya, tetapi media magnetic tape biasanya hanya digunakan sebagai media "back-up" dan bukan sebagai media penyimpan data yang utama. Penyebabnya adalah, media magnetic tape hanya bisa digunakan untuk menyimpan dan membaca data secara sequential atau berurutan. Dengan demikian, untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan data, jauh lebih lambat jika dibanding dengan penulisan/pembacaan data secara random (acak).



usb flash driveE.FLASHDISK
sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, Thumb Drive, atau microdisk. Suatu alat penyimpanan datamemori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik.
Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik.
Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal).
http://kangtantan.blogdetik.com/2008/12/14/apa-itu-flash-disk/










BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
      Adapun simpulan yang didapat dari isi di atas yaitu:
a)      Sebuah ilmu sungguh berarti bagi kita,dan kita dapat mengetahui komponen2 yang ada dalam pc
b)      Bisa meneliti atas kesalahan yang terjadi
3.2 Saran
      Dari pembahasan mengenai Memory internal dan eksternal maka penulis berharap agar semua orang lebih mendalami hal terkecil agar tidak menjadi kesalahan pemereksaan perangkat komputer ,dan tetap bersemangat cayooo dan terimakasiih.












DAFTAR PUSTAKA

>http://kangtantan.blogdetik.com/2008/12/14/apa-itu-flash-disk/




0 komentar :

Posting Komentar